Perusahaan telekomunikasi Korea Selatan menyerang pengguna torrent dengan malware – lebih dari 600.000 pelanggan melaporkan file hilang, folder aneh, dan PC yang tidak bisa digunakan.

ISP Mengirimkan Malware ke Ratusan bahkan Ribuan Pengguna untuk menghentikan mereka dari menggunakan Layanan Berbagi File

Lembaga investigasi berita Korea Selatan, JTBC, baru-baru ini menemukan melalui penyelidikan mendalam bahwa KT Corporation, salah satu penyedia telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, dengan sengaja menginfeksi lebih dari 600.000 pengguna dengan malware karena penggunaan layanan torrent mereka.

Masalah ini dimulai pada Mei 2020 ketika Webhard, penyedia layanan cloud Korea, dibanjiri keluhan pengguna tentang kesalahan yang tidak dapat dijelaskan. Perusahaan itu menemukan bahwa Program Grid mereka, yang mengandalkan berbagi file peer-to-peer BitTorrent, telah dikompromikan. Seorang perwakilan anonim dari Webhard mengatakan, “Ada dugaan serangan hacking pada layanan grid kami. Ini sangat berbahaya, sangat mengganggu.”

Menelusuri lebih lanjut, perusahaan tersebut Webhard memperhatikan bahwa semua pengguna yang terdampak menggunakan KT sebagai penyedia layanan internet mereka. Perwakilan tersebut menambahkan, “Hanya pengguna KT yang mengalami masalah. Malware ini membuat folder aneh atau menyembunyikan file di PC pengguna. Program Webhard itu sendiri menjadi tidak bisa digunakan sama sekali. Dalam beberapa kasus, PC itu sendiri juga ikut tidak bisa digunakan karena malware tersebut, jadi kami melaporkannya.”

Pejabat kepolisian menindaklanjuti informasi tersebut dan menemukan bahwa sumbernya berasal dari pusat data milik KT sendiri di selatan Seoul. Pihak berwenang mengatakan bahwa KT mungkin telah melanggar undang-undang Korea Selatan, termasuk Undang-Undang Perlindungan Rahasia Komunikasi dan Undang-Undang Jaringan Informasi dan Komunikasi. Mereka telah mengidentifikasi dan mendakwa 13 orang, termasuk karyawan KT dan subkontraktor yang terkait langsung dengan serangan malware November lalu, tetapi penyelidikan masih berlanjut hingga hari ini.

Menurut laporan berita, KT mengatakan bahwa mereka secara langsung memasang malware pada pelanggan yang menggunakan Layanan Grid Webhard, karena dianggap sebagai program berbahaya dan tidak ada pilihan lain selain mengendalikannya. Namun, masalah utama di sini bukanlah penggunaan protokol BitTorrent oleh Webhard, melainkan pemasangan malware di komputer pelanggan tanpa izin

Webhard dan KT sebelumnya pernah berselisih terkait penggunaan Layanan Grid oleh KT.
Webhard mengatakan bahwa mereka dapat menghemat puluhan miliar Won Korea dengan mengizinkan penggunanya menggunakan layanan peer-to-peer untuk menyimpan dan mentransfer data alih-alih menyimpannya di server mereka. Di sisi lain, banyaknya pengguna Layanan Grid membebani jaringan KT, dan kedua perusahaan tersebut pergi ke pengadilan untuk menyelesaikan masalah ini.

Putusan pengadilan justru berpihak pada KT. Mereka berpendapat bahwa Webhard tidak membayar biaya penggunaan jaringan KT untuk sistem peer-to-peer mereka dan tidak menjelaskan secara rinci kepada penggunanya tentang cara kerja Layanan Grid. Oleh karena itu, KT dianggap wajar untuk memblokir lalu lintas jaringan Webhard.

alih-alih memblokir alamat IP, KT justru menggempur pengguna Grid Service dengan malware. Sayangnya, kebanyakan dari mereka adalah pengguna individual, bukan perusahaan atau korporasi, dan mereka sama sekali tidak mengerti apa yang sedang terjadi.

Langkah KT untuk mengirim dan menginstal malware pada ratusan ribu pengguna Grid Service terlihat seperti langkah finansial, karena kemungkinan besar KT hanya ingin menghentikan mereka dari terus menggunakan layanan berbagi file BitTorrent Webhard.

Namun, apa pun niat KT, langkah ini menyebabkan file hilang dan kerusakan pada PC pelanggan. Pengguna KT tidak hanya merasa tidak nyaman; mereka kemungkinan besar harus menghadapi masalah komputer yang berasal dari tindakan perusahaan tersebut.

The post Perusahaan telekomunikasi Korea Selatan menyerang pengguna torrent dengan malware – lebih dari 600.000 pelanggan melaporkan file hilang, folder aneh, dan PC yang tidak bisa digunakan. appeared first on Ulasan.ID.
https://ulasan.id/2024/06/perusahaan-telekomunikasi-korea-selatan-menyerang-pengguna-torrent-dengan-malware-lebih-dari-600-000-pelanggan-melaporkan-file-hilang-folder-aneh-dan-pc-yang-tidak-bisa-digunakan/?utm_source=dlvr.it&utm_medium=wordpress

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started